Cara Membuat CCTV HP ke HP Tanpa Internet Dalam 10 Langkah

Posted on
Cara Membuat CCTV HP ke HP Tanpa Internet Dalam 10 Langkah

Apakah kamu ingin membuat CCTV dari HP ke HP tanpa internet? Tenang saja, kamu tidak perlu repot-repot mengeluarkan banyak uang untuk membeli kamera CCTV baru. Cukup dengan menggunakan smartphone yang kamu miliki, kamu bisa membuat CCTV sendiri dengan mudah.

Selain murah, cara membuat CCTV HP ke HP tanpa internet juga sangat praktis. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana dan voila! Kamu sudah memiliki CCTV yang dapat digunakan untuk memantau rumah atau tempat usahamu.

Tidak perlu khawatir tentang kualitas gambar karena hasil rekaman CCTV kamu akan sangat jelas dan bisa dilihat dengan jelas. Artikel ini akan memberikan langkah-langkah yang jelas dan mudah dipahami tentang cara membuat CCTV HP ke HP tanpa internet dalam 10 langkah.

Jadi, jika kamu ingin mengetahui cara membuat CCTV HP ke HP tanpa internet yang dapat digunakan untuk memantau lingkunganmu secara efektif, yuk simak artikel ini sampai tuntas!

Cara Membuat Cctv Dari Hp Ke Hp Tanpa Internet
“Cara Membuat Cctv Dari Hp Ke Hp Tanpa Internet” ~ bbaz

Membuat CCTV HP ke HP Tanpa Internet

Jika Anda ingin mengawasi rumah atau kantor tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar untuk membeli perangkat CCTV, Anda dapat mencoba membuat sistem pemantauan CCTV HP ke HP. Dalam artikel ini, kami akan memberikan 10 langkah mudah untuk membuat sistem ini tanpa harus terhubung ke internet. Mari kita simak panduan lengkapnya.

1. Pemilihan Perangkat Lunak

Langkah pertama dalam membuat sistem CCTV HP ke HP adalah dengan memilih perangkat lunak atau aplikasi yang tepat. Beberapa pilihan aplikasi yang dapat Anda gunakan adalah Alfred, AtHome Camera, dan IP Webcam. Pastikan Anda memilih aplikasi yang kompatibel dengan perangkat Android atau iOS Anda.

2. Unduh Aplikasi di HP Pertama

Setelah memilih perangkat lunak yang tepat, langkah selanjutnya adalah mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut di HP pertama Anda. Pastikan aplikasi tersebut sudah terpasang dengan baik dan lakukan konfigurasi sesuai petunjuk penggunaannya.

3. Siapkan HP Kedua

Setelah aplikasi berhasil terpasang di HP pertama, Anda dapat menyiapkan HP kedua untuk menjadi monitor dari sistem CCTV Anda. Pastikan HP kedua juga sudah terpasang dengan baik dan mempunyai aplikasi yang sama dengan HP pertama.

4. Hubungkan HP ke Wifi

Sebelum memulai, pastikan kedua HP telah terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama. Koneksi internet tidak diperlukan, tetapi koneksi Wi-Fi menjadi hal yang penting untuk mengirim video dan audio.

5. Sambungkan HP ke Aplikasi

Setelah semua perangkat terhubung ke Wi-Fi, Anda dapat memulai menghubungkan HP ke aplikasi yang telah diinstal di HP pertama. Buka aplikasi tersebut di keduanya dan pilih mode yang dibutuhkan di setiap perangkat.

6. Tentukan Mode Kamera di HP Pertama

Pada pengaturan mode kamera, Anda dapat memilih untuk menempatkan HP pertama sebagai kamera dan HP kedua sebagai monitor. Atau, Anda juga bisa memilih untuk membalik posisi kamera dan monitor, tergantung kebutuhan Anda.

7. Atur Karekteristik Video dan Audio

Selanjutnya, Anda dapat mengatur karakteristik video dan audio seperti kualitas video, warna, dan resolusi video. Pastikan juga bahwa audio direkam dengan jelas dan sesuai dengan kondisi sekitar. Hal ini penting agar Anda dapat memonitor ruangan secara lebih akurat.

8. Uji Coba

Sekarang gunakan aplikasi yang sudah dikonfigurasi dengan Baik. Anda dapat melakukan tes dengan berjalan-jalan di depan kamera dan melihat hasilnya pada monitor di HP kedua. Jika semua berfungsi dengan baik, artinya sistem telah berhasil dibangun.

9. Perbaiki Kesalahan Sistem

Terkadang, alih-alih fungsi yang lancar, ada beberapa kesalahan yang muncul dalam sistem CCTV HP ke HP. Untuk mengatasinya, coba restart aplikasi atau hubungkan kembali antara kedua HP.

10. Evaluasi Kembali Sistem CCTV Anda

Setelah melalui semuanya, apa yang didapatkan? Apakah sistem CCTV HP ke HP mampu mendeteksi tindakan mencuri atau menjaga rumah atau kantor dengan baik. Di sini kamu bisa mengevaluasi apakah aplikasi yang kamu gunakan mempunyai kinerja maksimal atau perlu diganti dengan aplikasi lain.

Tabel Perbandingan

Kelebihan Kekurangan
Alfred Cocok untuk semua jenis HP Kualitas rekaman terbatas
AtHome Camera Dapat merekam di tempat yang gelap Tidak dapat digunakan tanpa internet
IP Webcam Memiliki banyak pilihan settingan Tidak stabil

Opini Kami

Sistem CCTV HP ke HP merupakan alternatif untuk menghemat biaya dan memudahkan proses pengawasan. Namun, ketika memilih aplikasi yang akan digunakan, pastikan aplikasi tersebut stabil dan memiliki kualitas rekaman yang baik.

Apabila hanya ingin mencoba-coba, maka aplikasi Alfred bisa menjadi pilihan tepat. Tetapi, jika ingin lebih awet dan berkualitas, maka aplikasi IP Webcam bisa menjadi pilihan Anda.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara membuat CCTV dari HP ke HP tanpa internet. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat membuat jaringan CCTV sendiri dan mengontrolnya melalui perangkat ponselmu secara real-time.

Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan konfigurasi CCTV yang dibuat sesuai dengan kebutuhan, misalnya dengan menambahkan kamera untuk mengawasi ruangan lain atau mengatur jadwal rekaman video.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin memasang CCTV namun terkendala oleh jaringan internet atau biaya yang mahal. Jangan lupa untuk selalu mengamati privasi dan keamanan saat memasangkan CCTV ini ya!

1. Apa yang dibutuhkan untuk membuat CCTV HP ke HP tanpa internet?- Dua unit smartphone yang memiliki kamera belakang- Aplikasi IP Webcam yang dapat diunduh di Google Play Store- Koneksi WiFi yang stabil2. Bagaimana cara menginstal aplikasi IP Webcam?- Buka Google Play Store di smartphone- Cari aplikasi IP Webcam dan unduh- Setelah selesai, buka aplikasi dan izinkan akses kamera dan mikrofon3. Bagaimana cara menghubungkan kedua smartphone melalui WiFi?- Pastikan kedua smartphone terhubung dengan jaringan WiFi yang sama- Buka aplikasi IP Webcam di smartphone yang akan digunakan sebagai kamera CCTV- Tekan tombol Start Server untuk memulai streaming video dari kamera belakang smartphone tersebut4. Bagaimana cara mengakses video dari smartphone lain?- Buka aplikasi IP Webcam di smartphone yang akan digunakan sebagai pemantau CCTV- Masukkan alamat IP yang tertera pada smartphone yang digunakan sebagai kamera CCTV- Tekan tombol Connect untuk menghubungkan kedua smartphone5. Apakah diperlukan pengaturan tambahan untuk menjaga agar sinyal WiFi tetap stabil?- Pastikan kedua smartphone berada dalam jangkauan WiFi yang baik- Hindari gangguan sinyal seperti tembok atau peralatan elektronik yang dapat menghalangi sinyal6. Apakah video yang dihasilkan dapat disimpan?- Ya, video dapat disimpan dengan menekan tombol Record pada aplikasi IP Webcam7. Apakah aplikasi IP Webcam gratis?- Ada versi gratis dan versi berbayar dengan fitur tambahan8. Apakah aplikasi IP Webcam dapat digunakan pada semua jenis smartphone?- Tidak, aplikasi IP Webcam hanya dapat digunakan pada smartphone dengan sistem operasi Android9. Apakah aplikasi IP Webcam aman digunakan sebagai CCTV?- Ya, aplikasi IP Webcam aman digunakan sebagai CCTV selama hanya diakses oleh orang yang memiliki hak akses10. Apakah aplikasi IP Webcam sulit digunakan?- Tidak, aplikasi IP Webcam mudah digunakan dengan antarmuka yang sederhana dan intuitif