Cara Mudah Membuat Email Sekolah untuk Pelajar

Posted on
Cara Mudah Membuat Email Sekolah untuk Pelajar

Apakah kamu seorang pelajar yang membutuhkan email sekolah? Jangan khawatir, kamu bisa membuatnya dengan mudah! Email sekolah sangat penting bagi para pelajar, karena itu merupakan alat komunikasi yang wajib digunakan di lingkungan pendidikan. Namun, banyak orang yang masih bingung dan merasa kesulitan dalam membuat email sekolah.

Berikut ini adalah cara mudah membuat email sekolah untuk pelajar:

  • Pertama, tentukan dulu provider email yang akan kamu gunakan. Dalam hal ini, disarankan untuk menggunakan provider email yang sering digunakan oleh sekolah atau universitasmu.
  • Kedua, buka situs provider email tersebut dan cari opsi Create Account atau Daftar Akun. Ikuti langkah-langkah registrasi yang diminta, seperti mengisi biodata, username, dan password.
  • Setelah itu, verifikasi akun kamu melalui email atau nomor telepon yang kamu daftarkan tadi.
  • Saat akun sudah aktif, kamu bisa sudah mulai menggunakannya.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, email sekolahmu sudah siap digunakan. Ingat, jangan lupa untuk menjaga kerahasiaan data pribadimu dan gunakan email sekolah dengan bijak.

Jadi, tidak ada lagi alasan untuk kesulitan membuat email sekolah, kan? Yuk, langsung coba cara mudah di atas! Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu para pelajar yang ingin memiliki email sekolah.

Cara Membuat Email Sekolah
“Cara Membuat Email Sekolah” ~ bbaz

Pendahuluan

Saat ini, email menjadi salah satu media komunikasi yang paling penting di era digital. Banyak sekali manfaat dari memiliki email, salah satunya digunakan sebagai alat komunikasi antara guru dan siswa. Namun, bagaimana cara mudah membuat email sekolah untuk pelajar? Berikut ini adalah beberapa cara mudah dan cepat membuat email sekolah.

Komparasi Platform Email Sekolah untuk Pelajar

Sebelum membahas tentang cara membuat email sekolah untuk pelajar, penting untuk mengetahui beberapa platform email yang dapat digunakan. Berikut merupakan beberapa platform email sekolah untuk pelajar beserta kelebihan dan kekurangan masing-masing:

Platform Email Sekolah Kelebihan Kekurangan
G Suite for Education Memiliki banyak fitur seperti Google Classroom, Google Drive, dan Google Hangouts. Memerlukan verifikasi domain yang cukup rumit.
Microsoft Office 365 Education Mudah digunakan dan terintegrasi dengan aplikasi Microsoft Office. Memerlukan biaya untuk penggunaan yang lebih lengkap.
Zoho Mail for Schools Gratis dan mudah digunakan tanpa perlu biaya tambahan. Mungkin tidak memiliki fitur yang sebanyak platform email lainnya.

1. G Suite for Education

G Suite for Education adalah platform email sekolah yang dikembangkan oleh Google dan sangat populer di kalangan pelajar dan guru. Langkah-langkah mudah untuk membuat email sekolah di G Suite for Education adalah:

1.1. Buat Akun Administrator

Untuk menggunakan G Suite for Education, Anda harus memiliki akun administrator. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun administrator dengan mengunjungi halaman admin.google.com dan masuk menggunakan akun Gmail yang ada.

1.2. Daftarkan Sekolah

Setelah login ke akun administrator, klik tombol Daftarkan Sekolah di bagian bawah halaman. Isi semua informasi yang diperlukan tentang sekolah Anda, seperti nama sekolah, alamat, dan nomor telepon.

1.3. Verifikasi Domain

Selanjutnya, Anda perlu memverifikasi domain sekolah Anda agar dapat menggunakan G Suite for Education. Tersedia dua cara verifikasi domain: dengan memasukkan kode verifikasi ke dalam DNS atau dengan memasukkan file HTML verifikasi ke dalam server.

1.4. Buat Akun Pengguna

Setelah domain sekolah terverifikasi, Anda dapat membuat akun pengguna. Klik pada Pengguna di menu samping dan klik tombol Tambahkan Pengguna. Masukkan informasi pengguna yang diperlukan, seperti nama dan nama depan, serta buat kata sandi untuk akun email.

2. Microsoft Office 365 Education

Microsoft Office 365 Education juga merupakan salah satu platform email sekolah yang populer di kalangan pelajar dan guru. Langkah-langkah mudah untuk membuat email sekolah di Office 365 Education adalah:

2.1. Buat Akun Office 365 Education

Pertama-tama, Anda harus membuat akun di Microsoft Office 365 Education. Kunjungi portal.office.com/education dan klik tombol Daftar untuk Memulai. Isi semua informasi yang diminta, seperti alamat email dan nama depan dan belakang.

2.2. Daftarkan Sekolah

Setelah mendaftar, Anda dapat mendaftarkan sekolah untuk mendapatkan akses ke Office 365 Education. Klik tombol Daftarkan Sekolah dan isi formulir pendaftaran yang diminta.

2.3. Verifikasi Domain

Selanjutnya, Anda perlu memverifikasi domain sekolah Anda agar dapat menggunakan Office 365 Education. Ikuti langkah-langkah verifikasi yang diberikan oleh Microsoft.

2.4. Buat Akun Pengguna

Setelah domain sekolah terverifikasi, Anda dapat membuat akun pengguna. Masuk ke portal.office.com/adminportal/home#/users dan klik tombol Tambahkan Pengguna. Masukkan informasi pengguna yang diperlukan dan buat kata sandi untuk akun email.

3. Zoho Mail for Schools

Zoho Mail for Schools adalah salah satu platform email sekolah yang gratis dan mudah digunakan. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat email sekolah di Zoho Mail for Schools:

3.1. Buat Akun Zoho Mail

Langkah pertama untuk menggunakan Zoho Mail adalah mendaftar akun di situs web resmi Zoho. Kunjungi zoho.com/mail/zoho-mail-edu.html dan klik tombol Daftar Sekarang. Isi semua informasi yang diminta.

3.2. Verifikasi Sekolah

Setelah mendaftar, Anda perlu mengirimkan permohonan verifikasi sekolah ke tim dukungan Zoho Mail. Jika permohonan Anda disetujui, Anda dapat mulai menggunakan Zoho Mail for Schools secara penuh.

3.3. Buat Akun Pengguna

Setelah mendapatkan akses penuh, Anda dapat mulai membuat akun pengguna untuk siswa dan guru. Klik tombol Tambahkan Pengguna dan masukkan informasi pengguna yang diperlukan, seperti nama lengkap dan alamat email.

Kesimpulan

Dari ketiga platform email sekolah di atas, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun, pada dasarnya langkah-langkah untuk membuat email sekolah relatif mudah dan sama antara platform-platform tersebut. Pilihlah platform email sekolah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran sekolah Anda. Dengan email sekolah, proses komunikasi dan kolaborasi antara guru dan siswa dapat berlangsung lebih efektif dan efisien.

Cara Mudah Membuat Email Sekolah untuk Pelajar

Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Mudah Membuat Email Sekolah untuk Pelajar. Semoga artikel ini bisa menjadi bermanfaat bagi siswa-siswa yang membutuhkan email untuk keperluan sekolah.

Pentingnya memiliki email sekolah sendiri adalah untuk menghindari kesalahan dalam pengiriman email, sehingga semua informasi penting dari sekolah bisa diterima dengan baik oleh siswa. Selain itu, email juga bisa menjadi sarana komunikasi antara guru dan siswa, atau antar siswa dengan teman sekelasnya.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kerahasiaan email dan melakukan perawatan pada akun email dengan baik, seperti mengganti password secara berkala. Semoga artikel ini bisa membantu siswa dalam membuat email sekolah dengan mudah. Terima kasih sudah berkunjung!

Beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar cara mudah membuat email sekolah untuk pelajar, antara lain:

  1. Bagaimana cara membuat email sekolah untuk pelajar?
  2. Apakah harus menggunakan email dengan domain sekolah?
  3. Perlukah menggunakan nama lengkap sebagai alamat email sekolah?
  4. Bagaimana jika email sekolah sudah terdaftar namun lupa password?

Berikut adalah jawaban dari masing-masing pertanyaan:

  1. Untuk membuat email sekolah, pelajar dapat menghubungi bagian IT atau administrator di sekolah dan meminta bantuan dalam membuat email. Biasanya, email sekolah akan memiliki format seperti [email protected] atau [email protected].
  2. Idealnya, pelajar sebaiknya menggunakan email dengan domain sekolah agar lebih mudah dikenali oleh pihak sekolah dan juga memudahkan komunikasi antara siswa dan guru.
  3. Tidak selalu harus menggunakan nama lengkap sebagai alamat email sekolah. Pelajar dapat menggunakan kombinasi nama dan angka atau singkatan nama untuk membuat alamat email yang unik.
  4. Jika email sekolah sudah terdaftar namun lupa password, pelajar dapat meminta bantuan kepada bagian IT atau administrator di sekolah untuk mereset password email.